Tempat Bersejarah di Arab Saudi yang Rugi Jika Tidak Dikunjungi Saat Umroh

  • Oleh Admin | 11
ImageGambar. Tempat Bersejarah di Arab Saudi yang Rugi Jika Tidak Dikunjungi Saat Umroh

Sahabat Simply Umroh, semua muslim pasti menginginkan untuk beribadah umroh. Simply Umroh memberikan kemudahan untuk memilih travel umroh dengan pilihan paket umroh murah dan berkualitas.

Selain beribadah, pastinya kita ingin mengunjungi tempat-tempat bersejarah dalam Islam sebagai bahan muhasabah dan mensyukuri nikmat Allah. Kira-kira dimana saja destinasi wisata bersejarah di Arab Saudi, berikut ini bisa jadi referensi buat sahabat Simply Umroh :

1. Madain Saleh (Al Hijr)

Kota tua yang terletak di Kota Al Ula, berjarak 400 km dari Kota Madinah ini dikenal dengan nama Madain Saleh, meski nama resminya adalah Al Hijr. Ternyata penamaan tersebut dikarenakan kaum Nabi Saleh yakni Kaum Tsamud pernah bermukin di tempat tersebut.

Madain Saleh menjadi kebanggaan Arab Saudi, termasuk salah satu dari World Heritage Site atau situs warisan dunia. Pernah ditemukan batu-bata yang diperkirakan dari bangunan rumah warga dan para arkeolog pun menganggapnya sebagai peninggalan dari umat Nabi Saleh.

Tidak hanya batu-bata, ada juga beberapa batu karang yang ditemukan oleh para arkeolog yang merupakan hasil budaya kaum Tsamud, ada juga tembikar dan lain sebagainya di Jabal Athlab. Karena kepandaian dan keterampilannya, barang yang diperdagangkan pada masa lampau adalah hasil ukiran mereka sendiri, namun ada juga yang tidak dijual namun digunakan sendiri untuk hiasan rumah mereka. Jumlah monument pemakaman yang terbuat dari batu ada sekitar 131 jumlahnya di kota yang luasnya mencapai 4.010 hektar ini.

Ciri khas tempat ini adalah padang pasir yang mengelilingi perbukitan, sehingga cukup menantang untuk dikunjungi. Berkunjung ke tempat ini tidak dikenakan tarif apapun, sehingga kita hanya perlu kekuatan tekad saja untuk menuju ke sana.

2. Gunung Uhud

Tinggi Gunung Uhud mencapai 350 meter dengan lebar hamper 3 kilometer dan panjang 7 kilometer, terletak di sebelah utara kota Madinah. Gunung Uhud ini memiliki sejarah unik yang wajib untuk diketahui oleh para wisatawan. Gunung ini menjadi saksi dari peperangan antara pasukan Muslim dan Quraisy Mekah, sehingga disebut dengan perang Uhud.

Selain menikmati pemadangan, para wisatawan juga bisa berziarah ke bagian selatan tepat di kaki gunungnya ada makam para syuhada, salah satunya yaitu makam Hamzah bin Abdul-Muththalib. Beliau adalah saudara sepersusuan dan sekaligus paman Nabi Muhammad SAW. Kawasan ini begitu eksotis, sehingga sangat rugi jika dilewatkan begitu saja.

3. Tayma

Tepat berlokasi di sebelah barat laut Arab Saudi, Tayma ini dikenal sebagai sebuah oase yang berukuran besar dan memiliki sejarang panjang pemukiman. Bila dari kota Madinah, Tayma berjarak sekitar 400 kilometer sebelah utaranya, dan bila dari kota Tabouk, Tayma ini berada di sebelah tenggara dengan jarak 264 kilometer.

Tempat ini menurut catatan sejarah yang ada, merupakan tempat yang menunjukkan kemakmuran pemukiman Yahudi. Kemakmuran tersebut meliputi adanya sumber air, banyaknya sumur, dan bangunan-bangunan yang megah. Jangan lewatkan untuk berkunjung ke Tayma ya Sahabat…

4. Masjidil Haram

Masjidil Haram terletak di Kota Mekah, merupakan tempat di mana ibadah umroh dan haji dilaksanakan. Namun bukan hanya menjadi daya tarik bagi umat muslim saja, melainkan banyak wisatawan mancanegara apapun agamanya tertarik untuk mengunjungi Masjidil Haram.

Masjidil Haram tidak hanya sebagai tempat ibadah biasa, termasuk salah satu tempat paling suci umat muslim. Ka’bah yang selama ini dijadikan arah kiblat umat muslim saat menunaikan shalat dikelilingi oleh masjid ini.

Masjidil Haram juga termasuk masjid paling populer dan salah satu masjid terbesar di dunia. Sehingga akan selalu didapati walaupun bukan musim haji.

“Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih utama daripada 1000 shalat di masjid lainnya selain Masjidil Haram. Shalat di Masjidil Haram lebih utama daripada 100.000 shalat di masjid lainnya.” (HR. Ahmad)

5. Gua Hira

Gua Hira berlokasi di Jabal Nur, kalau dari Mekah menuju gua ini, kita harus menempuh jarak sekitar 2 mil. Gua Hira menjadi obyek yang sering dijelajahi oleh para umat muslim yang datang untuk haji dan umroh.

Gua ini merupakan lokasi ketika Allah memberikan wahyu-Nya kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril pertama kali. Nabi Muhammad sangat senang dengan tempat ini dan menjadikannya tempat menyendiri untuk menjauh dari orang-orang yang masa itu belum mengenal Allah.

Jangan lewatkan untuk berkunjung ke Gua Hira ini ya Sahabat.

6. Padang Arafah

Dalam ibadah haji, Arafah menjadi salah satu tempat terpenting karena di tempat inilah ada kewajiban wukuf yang harus ditunaikan oleh para jamaah haji. Wukuf termasuk rukun haji, jika wukuf tidak dilaksanakan, maka naik haji berapa kalipun tidak akan dianggap sah.

Kondisi di Arafah adalah replika di Padang Mahsyar ketika Allah SWT membangkitkan manusia di hari yang sudah ditentukan, ketika masa itu tiba maka seluruh manusia akan berada di hadapan Allah SWT dengan derajat yang sama dan hanya kualitas iman saja yang membedakan satu dengan yang lainnya. Kunjungan jamaah haji saat ke Arafah, antara lain menuju ke tempat-tempat ini:

-Masjid Namira

-Jabal Rahmah yang diketahui merupakan sebuah tugu peringatan yang dibangun dalam rangka mengenang pertemuan di bumi antara Siti Hawa dan Nabi Adam, sebagai nenek moyang manusia.

7. Masjid Nabawi

Masjid lainnya yang layak untuk dikunjungi ketika umroh maupun naik haji adalah Masjid Nabawi yang berlokasi di kota Madinah. Perlu diketahui bahwa Nabi Muhammad-lah yang membangun masjid ini. Masjid ini termasuk yang utama juga bagi para umat Islam. Masjid ini menjadi situs makam Rasulullah SAW dan sahabat-sahabatnya.

Masjid Nabawi merupakan masjid terbesar kedua setelah Masjidil Haram. Dalam sebuah hadits tertulis, bila umat Islam melakukan ibadah shalat di Masjid Nabawi ini, maka pahala yang akan diberikan kepadanya seribu kali dari melakukan shalat di masjid-masjid lain. Masyaallah…

“Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih utama daripada 1000 shalat di masjid lainnya selain Masjidil Haram. Shalat di Masjidil Haram lebih utama daripada 100.000 shalat di masjid lainnya.” (HR. Ahmad)

Pengunjung wajib ke tempat ini untuk melihat Raudlah atau taman surga yang menjadi bagian dari bangunan masjid dan terdapat di antara makam Nabi Muhammad dan mimbar.

Semoga Sahabat Simply Umroh berkesempatan mengunjungi tempat-tempat suci dan bersejarah umat Islam di tanah suci. Aamiin.

Semoga bermanfaat.